Berita

Kadis PUPR Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Buka Acara 4th CONFEST di UBB

Balunijuk – Acara 4th CONFEST yang diadakan selama seminggu di Universitas Bangka Belitung dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kepulauan Bangka Belitung Syahrudin. Acara yang laksanakan di lapangan parkir fakultas Teknik tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Ismed Inonu, M.Sc, dan juga para peserta kompetisi dari berbagai universitas.

Ismed Inonu menyambut baik kegiatan ini dimana kebutuhan siswa akan akademi tidak cukup hanya dipelajari dalam ruang kelas, namun juga dengan adanya kegiatan tersebut dapat menunjang para mahasiswa dalam melatih soft skill.

“Kegiatan semacam ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kompetesi dan karakter mahasiswa. Kami dari kemahasiswaan selalu mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini, dan berharapkan setiap program studi dan fakultas mempunyai kegiatan rutin yang dapat ditingkatkan menjadi kegiatan bertaraf nasional, kalau perlu menjadi kegiatan yang bertaraf internasional,” ujar Ismed.

Dalam kesempatan yang sama, Syahrudin menyampaikan beberapa hal mengenai pembangunan yang tengah terjadi di Bangka Belitung selama 17 tahun berdirinya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Dulu Bangka Belitung pada saat berdiri dengan APBD hanya 500 miliar, dan alhamdulilah pada tahun Anggaran 2018 kita sudah menyentuh angka 3 triliun. Ini merupakan suatu keberhasilan bagi Provinsi Bangka Belitung,” ungkap Syahrudin.

Syahrudin berpesan perlu melakukan sesuatu yang besar dan inovatif jika ingin pembangunan di Bangka Belitung bisa menjadi besar seperti provinsi-provinsi lainnya. Selain itu dalam pembangunan juga harus berimbang antara pembangunan fisik infrastruktur dengan pembangunan moral dan spiritual. “Dan hal yang besar tersebut bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang bisa mulai dilakukan dari diri sendiri,” pesan Syahrudin.

Syahrudub juga menyampaikan ada beberapa pembangunan yang menjadi fenomenal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seperti Jembatan Emas yang menjadi ikon provinsi. “Pembangunan jembatan emas ini merupakan padat teknologi dan keilmuan, dan saya pikir kawan-kawan yang di luar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung apalagi dari teknik sipil perlu untuk menyimak dan memperhatikan struktur bangunan tersebut,” ujar Syahrudin.

Selain pembangunan jembatan emas, pendirian Universitas Bangka Belitung menjadi universitas negeri juga menjadi hal penting dalam bidang pembangunan pendidikan. Untuk pembangunan dalam bidang Sumber Daya Manusia, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga telah membangun Balai Latihan Kerja yang dapat menampung dan mendidik masyarakat kurang lebih 200 orang dalam setiap pelatihan.

“BLK ini sudah dibangun, tinggal bagaimana kita dapat mempergunakannya dengan sebaik-baiknya,” pungkas Syahrudin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Bidang Informasi: 
PUPR