Berita

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Menerima Audiensi dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bapak Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M.M. dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Bapak M. Soleh dan Bapak Adriansyah selaku Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima Audiensi dari Bapak Nanan Abidin, S.Kom., MMSI. Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang beserta jajaran pada hari kamis, 16 Juli (16/07/2020) di Ruang Rapat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. 

Pada kesempatan ini, Tim BJKW II Palembang memaparkan beberapa hal terkait profile dan program kerja, isu-isu strategis pembinaan konstruksi, jadwal pelaksanaannya, serta berbagai macam permasalahan umum yang dijumpai dalam pelaksanaan pembinaan jasa konstruksi di Bangka Belitung.

Adapun Gubernur Erzaldi sangat mengapresiasi Kegiatan Pelatihan dan Uji Sertifikasi yang telah dilakukan oleh Kementerian PUPR, agar lebih ditingkatkan lagi, serta mendorong kepada Tim Balai dan Dinas Pendidikan khususnya agar Kegiatan Uji Sertifikasi Vokasi agar segera dilaksanakan lebih cepat dari jadwal yg sudah ditentukan agar para lulusan SMK dapat segera disalurkan ke dunia industri konstruksi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya minta dindik (SMK) kita segera lakukan kerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang ini. Segera buat draf MoU agar nanti di bulan Agustus bisa mulai pelatihan untuk tahun ajaran baru terutama untuk SMK kelas XII," ujarnya.

Gubernur Erzaldi juga ingin mendata tukang-tukang yang disiapkan untuk padat karya agar segera dilatih sehingga tersertifikasi dan mendapat sertifikat. Gubernur Erzaldi mengungkapkan sulitnya mencari tukang yang tersertifikasi ini di Bangka Belitung.

Terkait dengan fungsi Bidang Jasa Konstruksi (Jakon) PUPR Prov. Kepulauan Babel dalam melakukan pembinaan, sosialisasi, dan pengawasan, Gubernur Erzaldi ingin bidang jakon ini segera melakukan pengawasan terhadap proyek yang sudah mulai berjalan. Apabila terdapat tenaga yang belum tersertifikasi saat pelelangan, maka perlu dilakukan teguran.

Sementara itu, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang, Bapak Nanan Abidin, S.Kom., MMSI. mengemukakan di masa pandemi ini pihaknya bisa fleksibel untuk kelas pelatihan dan uji sertifikasi ini, bisa melakukan kelas secara daring, secara konvensional melalui tatap muka dengan tetap melakukan protokol kesehatan, atau menggabungkan antara kelas daring dan tatap muka.

Sumber: 
Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
OTA
Fotografer: 
Arie
Bidang Informasi: 
PUPR